Penggunaan Informasi Baru Untuk Membangun Konsep Baru

Kategori pikiran manusia (Russell Ackoff)

Data: simbol (misal: angka, huruf, gambar)

Informasi: data yang sudah diproses dan berguna; menjawab pertanyaan "who", "what", "where", dan "when"

Pengetahuan (Knowledge): aplikasi/pengunaan data dan informasi; menjawab pertanyaan "how"

Pemahaman (Understanding): pemahaman dan menjawab pertanyaan "why"

Kebijakan (Wisdom): pemahaman yang dievaluasi

Empat kategori pertama merupakan masa lalu/masa kini dan Kebijakan menyangkut masa depan, Data berupa fakta atau pernyataan tidak mempunyai relasi dengan lainnya Contoh: sekarang hujan. Informasi Terdapat relasi antar data, misalnya: sebab-akibat Contoh: Terjadi musim kemarau berkepanjangan maka beberapa titik api (hot spot) berisiko menyebabkan kebakaran.

Pertanyaan, apakah pernyataan berikut data atau informasi: Harga saham TLKM naik dari Rp 4360 menjadi Rp 4390 di sesi pembukaan 8-8-2016?

  • Pengetahuan(Knowledge)

Pola/pattern informasi yang saling terhubung/muncul dari informasi, Pola ini bersifat berulang-ulang dan dapat memprediksi (apa yang terjadi kemudian) Contoh: Jika kelembaban sangat tinggi dan temperatur turun maka atmosfir menampun uap air sehingga akan turun hujan.

  • Kebijakan(Wisdom) 

Terdiri dari pengetahuan-pengetahuan Prinsip-prinsip, yang terjadi dan menjelaskan kenapa pola-pola tersebut terjadi Contoh: Hujan terjadi karena terjadinya interaksi antara curah hujan, penguapan, arah udara, perubahan suhu dsb Wisdom hanya dimiliki manusia karena menyangkut memahami dan menilai antara baik-buruk dan benar-salah.

  • Aturan(rules)

Knowledge direpresentasikan sebagai pasangan atribut yang bernilai (E.H. Shortliffe) Bentuk umum rules: 

  1. if attribute A1 has value V1
  2. and attribute A2 has value V2
  3. then attribute A3 has valueV3

  • KnowledgeStructure

Pengetahuan yang aktual dihasilkan dari pengetahuan yang sudah ada Identifikasi pengetahuan dasar untuk membangun strukturpengetahuan Pengetahuan dasar ini menjadi bagian struktur pengetahuan; dan dapatdigunakan untuk menghasilkan pengetahuanaktual Contoh pengetahuan dasar dari pengetahuan merebus telur:

  1. Boiling an egg
  2. Boiling Water
  3. Obtaining an egg
  4. Chemical changes
    Setelah pengetahuan dasar diketahui, relasi antar pengetahuan dipetakan yang sifatnya valid dan sesuai kebutuhan Pengetahuan manusia berkembang melalui pembelajaran dan berdasar pengetahansebelumnya Pembelajaran bersifat hirarki karena pengetahuan baru tergantung pada pengetahuan sebelumnya, Pengetahuan merebus telur membutuhkan pemahaman:Tipe telur rebus (matang, ½matang), lama perbusan, aturan dan prosedur untuk merebus,Untuk itu diperlukan pengetahuan (terurut berdasar tingkat kepentingan) memanaskan air (syarat merebus), perubahan air pada saat direbus (penentuan kematangan), kemudian pemilihan telur yang baik serta mendapatkan ukuran telur yang sesuai.


Komentar